Juni 13, 2008

Merpati Pos vs Hukum Fisika

Akhir-akhir ini kita disibukkan dengan pesan 'Vote for Indonesia', yg intinya mengajak Anda semua untuk memilih nominasi dari Indonesia untuk menjadi salah satu keajaiban dunia. Ada Danau Toba, Krakatau, dan Pulau Komodo. Namun tahukah Anda keajaiban dunia yang satu ini?

Nah, setelah kemarin puas ngomongin waria, kita beralih ke soal burung! Lho koq burung? Eitsss...tunggu dulu, ini Bukan Burung Biasa (sengaja namanya ta sama2in dgn grup vokal bukan bintang biasa..hehehe). Burung yg satu ini masih menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahkan oleh dunia ilmu pengetahuan, ehm...ga juga sih, misteri ini sebenarnya udah mulai terkuak satu per satu.

Siapa tidak tau merpati pos? Jauh sebelum ada layanan SMS ataupun kantorpos, hewan ini adalah pembawa pesan paling ampuh dan terpercaya. Mengapa bisa begitu? Karena surat yang dikirimkan pasti sampai ke tujuan dan kemungkinan kecil nyasar! Koq hebat banget yah, padahal surat yang kita kirim lewat kantorpos aja bisa ga nyampe, ato bahkan SMS yg kita kirim lewat HP aja bisa nyasar!! Hebatnya lagi, merpatipos bisa menempuh jarak hingga seribu lebih kilometer! Hujan dan badai pun tidak bisa menghalanginya untuk berjuang sampai ke tempat tujuan (duilee...hiperbolis amatt)! Dan yang paling tidak bisa dicerna akal sehat adalah kemampuan navigasinya disebut-sebut sebagai salah satu keajaiban di dunia ini.

Percayakah Anda jika kemampuan melacak posisi tempat tujuannya si burung ini memanfaatkan fenomena fisika? Emang mereka belajar fisika di mana? Hehehehe..tentu saja mereka tidak belajar, namun fenomena fisika itu sendiri yang tertanam di dalam otak sang burung bagaikan microchips dan mikrokontroler yang di-inject pada robot atau komputer. Nah apakah fenomena itu? Jawabannya adalah medan magnet!!

Ternyata medan magnet bumi yang bervariasi dimanfaatkan oleh merpatipos untuk menentukan tujuan. Menurut fisika, bumi adalah magnet raksasa dgn ujung-ujungnya terletak di kutub utara dan kutub selatan. Ini merupakan dasar teori pembuatan kompas yang kita kenal saat ini. Nah, menurut penelitian, kunci kemampuan merpatipos terletak pada jaringan di antara kedua matanya, di mana jaringan ini berisi berbagai macam mineral besi seperti yang terdapat pada jarum kompas. Jaringan ini pulalah yang menjadi sumber navigasi merpatipos. Yang belum terpecahkan adalah bagaimana sistem navigasi itu bekerja, namun yang jelas dengan sepotong magnet terikat di punggung, sang burung tidak mampu pulang ke rumahnya! Dia akan nyasar ke rumah tetangge..hehehe..

Selain alasan ilmiah tersebut, ada penyebab lain mengapa merpatipos selalu sampai ke tujuan atau pulang ke kandang. Apakah itu? Yeah, betul sekali sodara-sodara...karena pasangannya berada di situ. Inilah kebesaran Yang Maha Kuasa. Sejak dari sananya, merpati diberikan sifat untuk setia pada pasangan dan tidak mengenal poligami, jadi pantang baginya untuk menggoda apalagi menghamili pasangan lain, walaupun pasangan itu lebih molek atau lebih seksi dari pasangannya..hehehe..Maka dari itu, insting untuk menemui pasangannya kembali yg membuat sang burung selalu akan pulang ke rumah.

Kedua keajaiban merpatipos tersebutlah yang dimanfaatkan manusia untuk saling mengirimkan surat. Sejak awal abad Masehi manusia saling bertukar burung agar dapat bersurat-menyurat. Satu burung satu tujuan, jadi kalo koleganya banyak pasti burungnya juga banyak..(aduh, ga enak ngomongin burung..hihihi..) udah..udah dulu deh ya..sebelum ngomongnya ngaco lagi..

43 komentar:

Penggemar Internet mengatakan...

Mau donk jadi pasangannya burung...
kan setia gak kayak cowok gw tuh..hehe

bagus postingannya..keren banget...

Lam kenal, numpang baca2...

mxyzplk mengatakan...

uhmmm... mampir kesini mike :D hehehe dijamin dech loading bertahun2 wkwkkw... blog bhs indo nich.
Mxyzplk

Bintang mengatakan...

jadi pengen punya tuh burung heheheh...eh jangan ngomong burung deh langsung aja "merpati"

MACCHIATO mengatakan...

Kami mengundang temen-temen semua ke peluncuran buku ini.

http://gagasmedia.net
Book Launch & Book Discussion Ciao Italia!
Siapa juga yang nggak pengen ngerasain nikmatnya pizza asli Italia? Negara yang satu ini, emang banyak dilirik para turis sebagai salah satu negara yang eksotik dan kental nilai budayanya.

Tapi… kalo nggak kesampaian datang ke sana, jangan sedih! Karena di launching buku Ciao Italia, kamu bisa merasakan indahnya sensasi negara itu tanpa harus jauh-jauh datang ke sana. Nggak perlu takut dibohongin! Karena penulisnya adalah orang asli Indonesia yang sempat live in di Italia, lho. So, buruan catat agendanya ya!

Hari/tanggal: Selasa, 17 Juni 2008
Pukul: 14.00 WIB - selesai
Tempat: Pusat Kebudayaan Italia, Jl. HOS. Cokroaminoto 117, Menteng, Jakarta Pusat
Pembicara:
- Gama Harjono (Penulis Ciao Italia)
- Bella Saphira (Artis)
- Filomena Vaccaro (Warga Italia)

Mike.... mengatakan...

to:
@penggemar internet:makasii..silakan..

@mxyzplk:sudah dikunjungi,bro..;D

@bintang:ga ikut2 ah..hihihi..

chodirin mengatakan...

hemmm pernah baca ulasan tentang kehebatan merpati pos di harunyahya.com

adeq mengatakan...

beneran.. wah ternyata enak jadi pasangan burung itu... setia..

BasH mengatakan...

wahhh burung merpati ya..zaman skrg rasanya orang maseh pakei ga ya? heheh...mike..mari kita kirim pos pakei burung merpati..heheh..dari malaysia ke indonesia..liat sampai ga..kan kan

Izul Cyber Cafe mengatakan...

Wah bagus bgt niy postingannya...
Jadi pengen melihara burung, sari kecil belum pernah melihara burung..
sekarang malah melihara kucing.

Merpati, kayak'a dah banyak yang melihara, jd gak asik.

Maudi mengatakan...

pinter juga (merpatinya bukan mike whehe :p).. wah jadi pengen melihara merpati.. thanks for infonya.. nambah wawasan nih ^^

Lyla mengatakan...

Mike...merpati selalu ingkar janji ga??? Apa tak pernah ingkar janji hehehe menurut teorimu???

elmo mengatakan...

hihi.. merpati aja tau setia :D kok kadang nggak sepintar pria ya? wakakakakak :P

xero mengatakan...

hehehehhee menarik. merpati emang hewan unik dan berguna bagi manusia.

Hanif mengatakan...

Wah, tetep aja masih pusing, apa di dalam burung merpati ada magnetnya juga yah (he..he..)

Mike.... mengatakan...

to:
@ubadbmarko:koq ga ninggalin link oom..

@macchiato:forza italia!

@chodirin:berkunjung ksana jg ah..

@adeq:ngiri yah..;D

@bash:waduh,kalo dr malaysia kayaknya ga bakalan nyampe,bro..kejauhan..

@izul:makasi jg bro komennya..

@maudi:makasi jg maudi..

@lyla:itu pepatah bukan,mbak?kalo masalah ingkar janji aq blom punya teori..hihihi...

@elmo:ah..ga smua cowok gtu lho..

@xero:ampe skarang pun masi berguna,bro..

@boim:5 kilo?10 kilo?hihi..

@hanif:take it easy bro..dinikmati aja bacanya..;D

geLLy mengatakan...

hua Setia ...mau aku,mick kira2 burung itu mau ama aku ga' ya...

huahua....pasti ga' mau dia dach di tolak duluan aku...ouugh :(

:D pis

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Om mike..kalo kirim duit pake merpati post nyampe gak yaa..?
hihihi..

Don Danang mengatakan...

merpatinya saya goreng boleh gak? Laper nih buat temen nonton bola...

hehhehe

Billah mengatakan...

itulah kehebatan burung kita...huah burung kita???? kekekekek yg ngeres silahkan aja ngeres :P

AnggAngelina mengatakan...

kalo ngbayangin jaman2 dulu gituh, pacaran kirim2an surat lewat merpati pos... waaah, romantis sekaliiii!!!! hihi....

nina mengatakan...

nompang komen walo telat, kalo aku pikir itu semua soal merpati emang kuasa Tuhan bangets... bayangin kita ajah yg manusia susyah kayak si merpati itu

ngatini mengatakan...

wah..aku banget tuh...setia seperti merpati..tapi merpati aduan..wakakakaka

Mike.... mengatakan...

to:
@gelly:duh..duh...*speechless ma ni anak*he..he..

@mama shasa:nyampe,bu...kalo cm dari lampung ke jogja nyampe koq..^^,

@tony:keren kan,bro..

@don danang:boleh bro..10 rebo aja..dibakar,digoreng, satu harga..

@lia az:protess mulu...

@billah:hush...dilarang bicara vulgar..;D

@anggangelina:oouch..so sweet...

@nina:setuju mbak..

@ngatini:sering ikutan lomba merpati aduan yah..

Reny.. mengatakan...

wow, ternyata itu rahasia di balik merpati pos ya..

hmm..tapi bakal lebih keren kalo ada burung2 pos laennya ya, kayak bangau pos, flaminggo pos. atao burung hantu pos (kalo yg ini adanya di hari poter ya)..hehehehehe..

anak_hutan mengatakan...

yah, layaknya sebuah pengabdian, merpati memang diciptakan dengan sifat mengabdi yang tidak kalah dengan makhluk lainnya. Tapi apa manusia bisa mengabdi dengan tulus seperti merpati?

Didiet mengatakan...

mike ada punya tu burung gak aku beli dong berapa si harganya, he3

Mike.... mengatakan...

to:
@reny:boleh juga usulnya..he..he..

@anak hutan:great question

@republik gaptek:masih ada bro!

@didiet:aq ga jual burung bro..kwkwkwk..

@katakdankodokbersaudara:trims bro..gmn kalo katak juga dilatih buat nganter pesan? ;D

Ratih S. Jatmiko mengatakan...

Wah... berarti merpati2 itu mestinya dikasih banner: Aku pergi demi tugas. Aku pulang demi cinta. Kekekekekekkkk

Ratih Sumiratingratri mengatakan...

Whoaaa... kalo gitu seharusnya merpati-merpati itu dikasih banner Aku pergi demi tugas. Aku pulang cemi cinta. Kekeekekkk

pivitie blogs mengatakan...

postingan ini menjawab pertanyaan aku tentang bagaimana cara ngirim merpati pos. Kok bisa sampai ketujuan tanpa nyasar?..
Hmmm...ternyata gak bisa hanya punya satu burung kayak harry potter..mesti banyak tho burungnya.....

Elsa mengatakan...

waaaaaaaaah... HIDUP MERPATI!!!!
hebat ya... selalu setia pada pasangan. berarti merpati gak ada yang kena AIDS ya? hahahahahahahahahahahahahaha......

Etavasi mengatakan...

Coba pasangkan Magnet pada merpati hehehe... lihat kemana surat di post kan :D

Mike.... mengatakan...

to:
@ratih:wah..lama ga ksini mbak..makasi kunjungannya ya..ampe ngisi dua komen gtu..hi..hi..

@pivitie:makasi jg kunjungannya,mbak...iya,mesti punya banyak burung..;D

@elsa:hidup elsa..

@etavasi:ya itu dia bro..nyasar dia..

ROE mengatakan...

beginilah kalo seorang mahasiswa fisika memberi gambaran. keren untuk ulasannya. saya baru tahu mikey ada hubungan antara burung merpati ama hukum fisika.

Posting Komentar