Mei 28, 2008

Pandanganku Terhadap Negeriku

Indonesia..hhm..sejak SD aku diajarkan untuk mengagumi negeri ini. Kekayaan yang melimpah, kemerdekaan yang diraih dengan susah payah, penduduknya yang ramah dan jumlahnya ratusan juta, keanekaragaman budaya yang tiada duanya, hingga nama-nama pemimpin negeri beserta menteri-menterinya kuhapal di luar kepala. Tidakkah Anda juga mengalaminya?

Seiring semakin beranjak dewasa pikiranku berontak. Katanya negeri kaya tapi koq banyak utang luar negeri? Katanya negeri kaya tapi koq hasil kekayaan alam seperti kayu, emas, minyak dikuasai oleh pihak-pihak asing? Katanya negeri berpenduduk ratusan juta, tapi memiliki sebelas pemain sepakbola tangguh saja tidak mampu!! Katanya ramah, tapi menjamu suporter lawan berbekal badik dan parang!!

Boleh saja kita merdeka dari penjajahan negeri lain, tapi hingga sekarang masih banyak dari kita belum bisa merdeka dari kemiskinan, buta huruf, kehidupan yang layak, serta yang paling penting adalah kita masih terjajah oleh pola pikir dan nafsu untuk berkuasa. Tahun ini marak dengan PILKADA di berbagai daerah, percayalah hanya sedikit dari mereka yg terpilih untuk berkuasa yang benar-benar bertanggungjawab atas janji kampanye mereka. Dulu presiden terpilih saat ini berjanji tidak akan menaikkan harga BBM tapi apa yang terjadi saat ini? Pemerintah malah berperan besar menambah kasus kriminalitas di mana-mana!!!

Tahun depan kita ditunggu oleh PEMILU, biasalah nanti kampanye di mana-mana, mengobral janji gratis ini..gratis itu..pembangunan di sini...di sana...AAAHhhh....bosan saya melihat calon-calon 'wakil rakyat' ini, paling-paling jadinya ya seperti yang sudah-sudah, kalo jadi presiden ya sering lupa janji, kalo ikut rapat di sidang DPR/MPR tertidur nyenyak, atau malah bergaya bak Chris John di tengah sidang. Capee deehhh...

Jepang hancur lebur saat dibom atom sekutu tahun 1945 namun sekarang dikenal sebagai salah satu negara maju di dunia. Indonesia malah gak pernah dibom atom namun gak pernah makmur hingga sekarang karena yang makmur hanya orang-orang berkuasa dan bangga dikenal sebagai negara paling korup di dunia!! Buset dah...!@#$

Kalo dah gini ga bisa disalahkan jika timbul gerakan separatis di beberapa daerah. Bukannya menyetujui aktivis-aktivis ini namun ini sangat bisa dimengerti. Orang-orang Papua yang menuntut merdeka karena mereka memiliki tanah yang kaya raya namun masih banyak kesenjangan sosial yang mencolok dengan penduduk di pulau Jawa. Selalu saja fokus pembangunan ada di Jawa, pendidikan ada di Jawa (aku termasuk yg menikmati fasilitas ini..hehe), dan segala sesuatunya berkiblat di Jawa!!

Enak banget hidup di Jawa, fasilitas lengkap, sarana rekreasi dan hiburan lengkap, informasi up to date, makanan murah, jalan raya antar kota-propinsi mulus, jarang pemadaman listrik, dll. Nanti kalo udah pulang ke Kaltim yg notabene salah satu propinsi terkaya di negeri ini, sungguh ironis dan tidak bisa dipercaya kalau di Balikpapan dalam seminggu bisa 4-5 kali byar-pet!!!!

Waduh..tulisan dah mulai ngaco nih...hahahhaha...udah ah..mo tidur dulu, sambil mo bermimpi bisa nonton timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia 2014.

26 komentar:

Hanif mengatakan...

Kalo ekonomi, emang sialnya Indonesia dijajah orang belanda, coba dulu Inggris, kemungkinan besar jadinya negara kaya seperti amerika, australia, dan mantan jajahan inggris yang lain :D kalo timnas sepakbola, au juga brdoa spaya lolos ke piala dunia deh... amin :p

Didiet mengatakan...

ya yang sabar tinggal di negeri kita yang masih kacau balau ini, mudah2an pemilihan presiden tahun depan, bisa merubah negara kita menjadi lebih baik, mudah2an

dinire mengatakan...

mungkin indonesia butuh seorang pemimpin yang berjiwa raja, kayak raja-raja di zaman sriwijaya atau majapahit, mungkin yang tersisa sekarang tinggal raja mataram, Sri Sultan Hamengkubuwono.....

Mike.... mengatakan...

to:
@hanif:iya,,mungkin juga ya..secara negara2 persemakmuran tuh diperhatikan ma inggris...huehue..

@didiet:iya,dit...mesti suabarrr...ya selama masih aman2 aj kita sih ga masalah,bro...tp sampe kapan ya sabarnya..

@dinire:ada betulnya juga..setidaknya pemimpin yg dihormati rakyatnya. lah ini foto presiden dan wakil aj sering dibakar koq...pertanda tidak ada kepercayaan lagi.

Don Danang mengatakan...

pertanyaannya: mau dibawa ke mana negara ini? Masih tanda tanya. Selama masih ada orang2 yang rakus sama materi negeri ini nggak bakal berubah. Koq jadi serius gini?

Jangan skeptis dan pesimis tetap optimis dan semangat membangun negeri ini.

Indonesia di piala dunia 2014? Not impossible but difficult. hihi

mxyzplk mengatakan...

sedih yah... klo ekonominya kaya dulu aja kaya 10thn lalu... mungkin cita2 gw udah tercapai...

uhmmm... gmn caranya biar bisa ngerubah ini semua? moga2 aja gara2 bensin naek semua orang mulai pada kenal internet :D jadi mengurangi penggunaan bbm terus semuanya pindah make internet hehehe... Jalan2 di internet kan murah terus kendaraannya yah tergantung provider kita seberapa cepet bisa jalan keliling website ama blog.

sama mike lagi ngaco nech kwwkkw...

geLLy mengatakan...

ya mank mungkin kekayaan alam indonesia kaya^^
,selalu menjadi lirikan^^yUpi',

sesungguhnya di mana2 sama aja..kerja keras tanpa mengenal lelah,jepang mank maju karena orgnya mau bekerja keras tanpa mengenaL lelah...ulet,jujur N disiplin tinggi,kadang bersaing secara sehat itu peNting juga^^uNtuk teyusz berfikir memacu diri,aku bnr2 salut ama mereka yg tak mengenaL lelah..teYusz mencoba N teyusz...

klo di fikir bnr juga,Pemimpin yg tanggung,rakyatpun kokoh..^^tentunya dengan kerja sama yg baik pula,ya mank sulit mengatur anak bnyk,tp itu bukan alasan utama...moga nnt presideN indonesia jauh lbh baik dari yg sudah2 amieNN ^^hanya harapan itu isa aku lakukan^^

ttp semangTt pemilu joblosan lagii...YUHuuu :D


BBM merata naik,sama aja..panaSSsss :D

Ga' usah pesimis,melihat tetangga lum tentu senikmat yg kita miliki,justru semakin menyakiti diri sendiri,selipkan semangt diri...di mulai dari kita sendiri yUkk..

klo terus berfikir ttng keadaan negeri tercinta mumet,harapan sampai kapan ga' ada ujungnya...waktu teyusz berjalan sebaik mungkin kita manfaatin

ngatini mengatakan...

ah..aku mau sekolah dulu aja deh.. yang penting aku bisa jadi yang terbaik buat diriku sendiri, dan sebenenya itu baik buat negara kita.. (really?)

adeq mengatakan...

sama berarti kaltim ama sumut sering gelap2an krn listrik mati.. kalo di jawa aja 1 hari mati lampu dah ada berita dimana2.. nah kita satu hari ampe 8 jam-an.. (curhat nich).. kapan negaraku lebih maju ya..

Mike.... mengatakan...

to:
@don danang:yupz..betul juga,bro..dan satu lagi,jangan realistis,karena itulah penghambat terbesar sebuah proses..(ngomong apaan seh gw...;D)

@mxyzplk:bro,mari kita berpikir yg lebih ngaco, gimana kalo suatu saat orang berpindah tempat ga pake kendaraan lagi, hanya pencet sebuah alat dan...abrakadabra..sudah nyampe di tujuan.

@lia: iya,mi...(lho koq jd papi mami)lg khilaf nih...;p

@gelly:luar biasa...bagaimana kalau komen-mu yg ini kujadiin postingan,gel??hehehe...ck..ck..salut..

@ngatini:ho'o..sekolah sek wae sing bener yo,nduk...ngko nek wis dadi wong ojo lali karo wong cilik...(sok-sok-an pake bhs jawa..wakakaka..)

@adeq:pernah tuh aq nonton di berita, teleconference antar reporter masalah kelistrikan. yg satu di medan, yg satu di balikpapan.hehehe..

AnggAngelina mengatakan...

bener... pas sd kaya'a kita tuh dikasi gambaran indonesia ituh indah dan bebas masalah... pas smp kita dikejutkan dg kenyataan kekayaan indonesia tidak membuat rakyat makmur... dan sma kita dikejutkan lagi dengan fakta2 negatif ttg pemerintah... pas kuliah mahasiswa mengejutkan pemerintah dg segala macam demo yg sedikit tidak mndidik... apa yg sudah terjadi dg indonesiaku???

Abi Bakar mengatakan...

Wah Mike ngamuk nih...serem!...btw memang bener kok Indonesia punya segalanya namun tidak punya segalanya pula.

BasH mengatakan...

Aku sebagai org luar..di negara jiran, rasanya tidak dpt memberi sebarang komen...bagi ku...indonesia mempunyai byk tempat2 menarik yang boleh diperkenalkan ke seluruh dunia. bagi kami rakyat di malaysia, menganggap indonesia merupakan tempat yang paling murah untuk bercuti atau melancong bersama keluarga..hehe ada kaitan ka? heheh

ikhsan mengatakan...

YAhhh saya cuman bisa berdoa semoga Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan semua ini..

Bout piala dunianya..SAya yakin Indonesia bakal masuk ke sono, soalnya ntar ada ane di timnas Indonesia-nya (hwuakakak..mimpi kali ye...)

Iya bang waktu ane di Kaltim hampir tiap hari mati lampu mulu...stress banget dah pokoknya...

Mike.... mengatakan...

to:
@anggangelina:iya..negeri ini sedang sakit berkepanjangan,,,

@abi bakar:betul,mas abi..sepakat!!

@bash:wah..ada tamu jauh2 dr malaysia. kalo tempat melancong mmg banyak,bro..berlimpah malah,,ini salah satu yg masih bs dibanggakan di sini..hehe..

@ikhsan:ditunggu kabarnya seorang bloger yg jadi pemain timnas..hihihi..

@republik gaptek:yupz,,,di sinilah gudangnya segala macam ironi.

@

acy mengatakan...

hey mas salam kenal:)
yah meski itu benar but acy kok kurang sreg yah, kesannya gak bangga jadi orang indonesia, padahal kan kita juga orang indo, bukan dari planet lain. Koq kesannya kurang bersyukur sama yang diatas, mbok yao dikit aja muji indonesia :)

arpan mengatakan...

Memang ironis hidup di Indonesia, tapi gimana juga ini tetap Indonesiaku tercinta. Dulu waktu masih jaman penjajahan, ekonomi juga sulit tapi banyak yg berjiwa besar berkorban demi bangsa, kok sekarang bangsa kita jadi bangsa yang MANJA. Masing2 mikirin diri sendiri.

Pokoknya saya dukung deh Mike jadi presiden!! :)

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Nah Om.. gimana nih kalo para pemimpin pada banyak janji..? gratis ini itu.. kenyataannya malh semua serba mahal.. gratisannya gak ada.. malah sibuk ngurusi BLT yang sama sekali gak mendidik dan malah membuat rakyat tambah males.. iya kan..? cb kl uang BLT buat buka lapangan kerja baru kan lebih bermanfaat.. lho kok jd BLT ya..? hahaha..

Mike.... mengatakan...

to:
@acy:cihuyyy...ada yg protes..hihihi..soale lg emosi nih,jdnya yg keluar yah yg jelek2 aj ttg negeri ini..^^,

@arpan:wah...bisa jd tim sukses nih..trims banget dukungannya, ada lg yg mo mencalonkanku??hahaha...

@mama shasa:betul,buu..trus negara tuh buang2 duit, berapa tuh anggarannya buat petugas BLT di setiap daerah...ini juga lahan basah buat dikorupsi pastinya...weleh..weleh...;D

Boim Lebon mengatakan...

imdonesia tuh negara yang memiliki seribu keunikan...salah satunya, rakyat tidak pernah menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, pelayan yang menjadi majikan...majikan yang menjadi pelayan. yah inilah indonesia...walau hancur lebur..tp sdh terlanjur mendarah daging...yg tertinggal hanya sebuah harapan...smoga indonesia bisa lebih baik di kemudian hari....

ROE mengatakan...

inilah indonesia kawan, bukan indonesia namanya kalo gak ada yang aneh2 di negeri ini. INTINYA NEGERI INI SEDANG SAKIT.

jadi sekarang tugas kita sebagai generasi muda untuk menyembuhkan indonesia dari penyakitnya.

Ahmad Wahyudin mengatakan...

Inilah solusi terbaik untuk meminimalisir korban/kerugian saat terjadi gempa berkekuatan besar. Sudah terbukti efektif saat gempa 5,6 SR mengguncang jogja ketika rumah-rumah tembok banyak yang roboh rumah jawa yg terbuat dari kayu masih berdiri kokoh. Segera miliki rumah tahan gempa desain klasik, menarik dgn suasana pedesaan yang eksotik. tersedia berbagai macam model
rumah jawa seperti
rumah joglo
rumah limasan
rumah kampung. kami juga menjual
gebyok kayu jati lawas

Posting Komentar