Juli 28, 2008

Tidur Larut, Tidak Sarapan, Dan Kerusakan Hati

Anda suka tidur larut malam? Sama dong kitaa..!!!
Sering lupa sarapan? Ya iya lah..bangun juga siang gara-gara tidur larut..

Tapi kayaknya mulai sekarang kebiasaan ini mesti dihilangkan karena efeknya sungguh mengerikan di masa yang akan datang. Kebiasaan-kebiasaan di atas ternyata dapat memicu kerusakan hati! Apakah itu sejenis 'patah hati'? Hmm..lebih parah dari itu kayaknya..he..he..Info ini banyak beredar di berbagai milis:

Penyebab utama kerusakan hati adalah:

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
2. Pola makan yang terlalu berlebihan.
3. Tidak makan pagi.
4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan
5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna&pemanis.
6. Minyak goreng yang tidak sehat.
7. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati.

Mengapa hal-hal di atas dapat memicu kerusakan hati?
# Malam hari jam 9 - 11: adalah pembuangan zat- zat tidak berguna (de-toxin) dibagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik.

# Malam hari jam 11 - dini Hari pk 1: saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

# Dini hari jam 1 - 3: proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

# Pagi jam 5 - 7: de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

# Pagi jam 7 - 9: waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna.

Wahh..Diriku sudah sering melanggar pola dan ketentuan di atas..mulai sekarang mau diusahakan berubah deh..Bagaimana dengan kalian, teman-teman?

40 komentar:

Kristina Dian Safitry mengatakan...

kalo gitu aku kurangin deh kebiasaan bagadangku...info menarik.

riRiN! mengatakan...

waduuuww... mike.. jadi serem ini..
kalo sarapan sih ga pernah lupa..orang ririn selalu kelaperan,wakakak

tapi itu... tidur malem2nya..wahh.. ini lagi liburan.. tidurnya b'gadang mulu..
huuaaa.. abis ini.. mo tidur biasa lagi ah.. yhx infonya mike!

.: AngeL :. mengatakan...

ah mike, pagi2 dah dpt suguhan sereeeem euy :D

ooo tidak....sepuluh taon mendatang apakah aku akan butuh transplantasi hati ?

hehehe...berlebihan deh :)

r1ooooo mengatakan...

Yg jelas kebanyakn tidur malah bikin badan pegel2..hehe..

iksan mengatakan...

oh.....serammmm.........klo aku jarang nyarap nich....

Mike.... mengatakan...

to:
@adietz:ayo diubah..diubah..

@kristina dian safitry:sama mbak..aq jg mo kurangin kebiasaan itu..

@ririn:ga ga jadi kebiasaan sih gpp kayaknya,rin..makasi kembali ya..

@angel:jangan sampai begitu lah..he..he..

@rioooo:aq malah jarang pegel bro...:)

@iksan:aq juga..soale ga ada yg mo bikinin sarapan...wakaka..

Bani "BBoy Kodok" mengatakan...

wah... harus hati-hati terhadap hati ku neh...

makasih infonya Mas Mikey...
sangat berguna bagi orang-orang yg sering ngNet,he,he

edisamsuri mengatakan...

waduh jangan-jangan sekarang lagi meriang karena sering begadang ya

anakberbakti mengatakan...

Wduhhh, gaya hidupku kok persis ada disini??
1. tidur pagi, bangun siang
2. Klo ada makanan ya sarapan klo g ada makan pasta gigi.
3. Suka makan makanan yg blom dimasak, misal Jambu Merah. pernah aku coba rebus malah g enak.

anakberbakti mengatakan...

Wduhhh, gaya hidupku kok persis ada disini??
1. tidur pagi, bangun siang
2. Klo ada makanan ya sarapan klo g ada makan pasta gigi.
3. Suka makan makanan yg blom dimasak, misal Jambu Merah. pernah aku coba rebus malah g enak.

pantesan aku jadi sering sakit hati

indah mengatakan...

Yah...berarti aku termasuk donk,suka tidur malam....tidak pernah sarapan...kok gt seh Mike...sudah jadi kebiasaan neh,klo dirubah bisa berabe...tidur cepet gkbisa i-net...sarapan pagi...jadi gendut..pdhl program diet, biarin ah...he..hee

ngatini mengatakan...

kalo di kampung singapura-n aku gak pernah bobok malem..jadi nya lebih sehat..hehe

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Wiiih... koq jadi takut ne... terimakasih sharingnya kang..

acy mengatakan...

waduh padahal hal2 mengerikan diatas sering terjadi sama acy, waduh harus dirubah nich. infonya TOP. btw sesuai saran mike begroundnya acy udah acy ilangin, thanks ya mike :)

Mike.... mengatakan...

to:
@bani:yupz..bergua juga buat para blogger yg emang sering bgadang..hi..hi..(kyk gw..)

@edisamsuri:gak meriang koq mas..he..he..

@anakberbakti:lah..jambu koq direbus...digoreng aj napa..ha..ha..

@indah:ketahuan mbak indah sering tidur larut juga..:)

@lyla:sama mbak..aq jg mana teratur..

@ngatini:sip..teruskan kebiasaan itu,tien..:D

@riasmaja:sama-sama,mas..

@acy:yupz..sama-sama acy..ntar kuliatin blogmu..


@

Mama Shasa Shahira mengatakan...

wah.. mksh ya om mike infonya.. mau ngasih tau papa Shasa ah.. tidurnya suka kemaleman..

kapanpun mengatakan...

bagus juga nie info untuk menambah ilmu bagi semua nya

panah hujan mengatakan...

yuhuu.. yuhuu..

saya sudah mulai berubah semenjak kemarin..

hohoho ^^

tapi begadang? wah, still numero uno, nih.. imajinasi dan inspirasi sering kali datang di malam hari, jadi, gimana, dong?

hohoho..

:P

abang mengatakan...

wah ... bener nih Mike, kemaren abang di suruh opname typhus ...tp abang gak mau he he he. abis ini bobo aja ahh ...

AgRiT Rachman mengatakan...

waahh, ternyata begitu toh.. infonya ok mike..

tapi begadang adalah kebutuhan.. klo lagi kuliah, kudu begadang buat nyelesein tugas2.. klo lagi liburan, begadang nonton DVD sampe bego deh.. hahaha *ngaco*

ntar kasih info2 yg banyak yah mike.. ^_^

Mike.... mengatakan...

to:
@mama shasa:sama-sama,bu..mike jg mo blajar ga tidur larut lg nih..

@kapanpun:makasi udah mampir ya..moga bermanfaat..

@panah hujan:he..he..kalo inspirasi datangnya pas bgadang sulit dapat inspirasi dong kalo tidur cepet..serbasalah,chell..:) gmn dong ya..bingung juga aq..

@abang:iya,bang..met istirahat..:)

@agrit:kalo ga sering2 sih mungkin gpp,grit..makasi juga ya..

Tiwi mengatakan...

waduh, parah juga ya....aku tuh orang malem sih, makanya dulu milih jadi pengamen daripada kerja kantoran...paling gak bisa bobok awal!

Kang Boim mengatakan...

gw udh kapok seh soal penyakit yg satu nih.....sempet juga masuk rumah sakit....untung ja sekarang sehat terus ni :D

ROE mengatakan...

saya sudah merasakan efek diatas sekarang, gara2 sering begadang. tapi syukur deh. mulai sekarang jadwal begadangnya di atur. biar gak tiap saat.

Judith mengatakan...

Wah Mike, makasih banget infonya .. tapi aku nih paling sulit tidur lebih awal Hiks .. Pernah ngidap nyakit insomia (ö_ö) ..

Mike.... mengatakan...

to:
@tiwi:pasti kenal ma betmen ya mbak..hi..hi..

@kang boim:wah..dah pengalaman ya bro..:)

@roe:iya bro..asal jangan terlalu sering aja,sip..

@judith:sama-sama mbak..

si dede jadul punya mengatakan...

wow!
blog bang mike jadi ilmiah!!
baiklah, aku tak akan tidur larut malam..
tapi tidur pagi buta aja..
wakakakkakakk

elmo mengatakan...

syeeeeem.... q suka tidur larut malam,bangun siang,dan kadang pass breakfast *gugup

SHALEH mengatakan...

Walaupun termasuk dalam kategori pelanggar kesehatan. Semoga sakitku tidak termasuk dalam penyakit diatas. Serem

JoVie mengatakan...

Udah mulai jadi dokter nih??
semenjak kenal Blog, jarang Jovie tidur larut malem, tidurnya dini hari terus..jam 3, 4, ato 5..gitu deh..
bangun teetp pagi dunk..sarapan+ngopi trus buang hajat..then kerja...
istirahat...tidur

* duh, kok malah nulis schedule sih..hihi*

Mike.... mengatakan...

to:
@dede:lho..tidur pagi buta?makin parah aja..he..he..

@elmo:ga usah gugup,elmo..gw juga koq..:)

@shaleh:iya,mas..baru sembuh dr sakit ya,mas?

@jovie:kayaknya jovie lebih parah nih...malah tambah kurang tidurnya..he..he..

EbleH 182 mengatakan...

Waduh... brarti update blognya jarang2 nich..
Kan kalo malem lebih tenang dan lebih romantis..

namaku wendy mengatakan...

hiks begitu yah mike, trus gemana ngaturnya yah biar bs tidur cept & gak tlalu malem trus lg makan berlebihan, wen kan paling doyan makan hiks tp kalu liat info di atas jadi tatut ih, syereeem...

Mike.... mengatakan...

to:
@ebleh:boleh sih sepertinya bro..asal jangan keseringan aja lho..

@wendy:mike jg takut neh..abisnya pola tidur dan makan jg ga teratur gni..he..he..

Rugby rules mengatakan...

Why do I say this? Well his mom had liver damage, and died from it when fluid gathered around her heart. One of his brothers died from it. And his father died from it.

Ahmad Wahyudin mengatakan...


segera miliki rumah tahan gempa desain klasik, menarik dgn suasana pedesaan yang eksotik. tersedia berbagai macam model
rumah jawa seperti
rumah joglo
rumah limasan
rumah kampung. kami juga menjual
gebyok kayu jati lawas

Posting Komentar