Juli 16, 2008

Heboh Hepatitis A di Jogja!

Halo teman-teman...Lima hari ga posting udah banyak utang kunjungan ke kalian nih. Yah, akhir-akhir ini memang kesibukan sedang menghambat aktivitas ngeblog, maklumlah job nyanyi di mana-mana (*halah*becandaa...), selain tentu saja skripsi yang udah dikebut ini banyak menyita waktu juga.

Hmm..Langsung aja nih mo cerita-cerita sambil berbagi info penting dan moga-moga aja berguna bagi kita semua.

Akhir-akhir ini di Jogja terdapat banyak sekali kasus penderita Hepatitis A. Bahkan, saking banyaknya hingga masuk koran lho! Tandanya apa sodara-sodara? Tandanya ini adalah peringatan untuk kita waspadai, terutama bagi diriku sendiri yg tinggal di Jogja.

Sudah 5 orang temanku terkena infeksi virus Hepatitis A, salah satunya teman satu rumah. Untung dia segera pulang ke Jakarta untuk dirawat lebih lanjut di sana. Gejala Hepatitis A biasanya demam, mual, pusing, hilang napsu makan, air seni kemerahan, dan gejala paling mencolok adalah kulit dan mata menjadi kekuningan. Itulah sebabnya penyakit ini lebih dikenal sebagai 'penyakit kuning'.

Penularannya adalah melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi Virus Hepatitis A (VHA). Ketika penderita buang air besar, feses-nya pun akan mengandung VHA dengan konsentrasi yg cukup tinggi. Parahnya lagi, VHA bisa bertahan dalam ruangan WC tersebut hingga 4 jam lamanya. Anda bisa mengkaitkan ini dengan resiko tinggi seorang homoseksual tertular VHA? he..he..Yupz..benar sekali, area dubur penderita merupakan tempat VHA banyak terdapat...(uhuyy...untungnya gw pria normal..ho..ho..). Eitss..Jangan senang dulu, resiko tertular VHA tetap ada bagi semua orang yang sering menggunakan alat makan bersama, atau jika Anda sedang sial.

Ketika tau sedang maraknya penyakit ini di Jogja diriku jd sedikit cemas juga. Kan kalo makan di angkringan itu sendok gelas sering ga dicuci bersih ama pedagangnya. Biasanya cm dibilas langsung aja trus dipake ama kita-kita gitu..Belom lagi kalo cari makan di tempat lain sepertinya sama aja, piring sendok gelas bahkan makanan pun ga dijamin bisa higienis. Kalo mo dipikir-pikir lagi, di Jogja itu tempat makan buaaanyakk banget, warung-warung biasa maupun lesehan -lesehan di sepanjang jalan yang kujamin ga bersih-bersih amat. Mana kita mau mikir lagi itu bersih ato nggak kalo udah laper banget..iya ga..

Memang sih hepatitis A akan sembuh sendiri, tapi efeknya itu lho..kalo muntah-muntah terus kan bikin lemes..semua kegiatan bisa terganggu, dan yg jelas bisa masuk rumah sakit berhari-hari.

Jadi, buat kita semua, mari kita jadi pelit sedikit dengan tidak mau asal berbagi dengan teman kita untuk urusan makanan. Apalagi jika mau menggunakan sendok, piring atau gelas yang sama dengan kalian. Bukan apa-apa, kita mencegah aja karena lebih baik begitu daripada mesti bayar mahal dirawat di rumah sakit. Namun tentu saja berilah penjelasan mengapa kita bersikap pelit begitu agar si teman juga mengerti dan ga ada salah paham, karena ini memang demi kebaikan bersama. Kita tidak tertular atau juga tidak menulari mereka!

64 komentar:

JoVie mengatakan...

Masak sendiri aja Mike..lebih higienis, kan?
kalo makan di warung lebih baik metik daun pisang dulu..cuci bersih, terus minta ama penjualnya..."Mbak, Mbak..saya gak pake piring pake daun ini aja takut kena hepatitis"..hikz..
(boleh banget tips gw)

kalo di Indo mau aneh2 pasti diketawain, kalo di HK mau jadi aneh yang penting buat jaga kesehatan, gak ada tuh yang perduli...

Oh iya, kalo soal piring..sendok, gelas, dsb..sebaiknya emang punya sendiri-sendiri, jadi kita lebih tahu dan bisa menjaganya..

kalo udah biasa pinjam meminjam, kita kudu punya stok..antara yang kita pake pribadi ama yang dipinjemin ke orang..se-7?

Ayook Pada se-7..!!

Abi Bakar mengatakan...

Bener Mike kalau situasinya kek gitu memang harus pake jurus "pelit", agar smuanya slamat:D

sachnaz zhenn mengatakan...

wah serem juga ya ..hho untungnya gue emang pelit soal makanan hha ;p

Phie mengatakan...

Aku pernah tu gejala hepa, baru gejala aja udah kudu opname seminggu. Emang kudu jaga kebersihan makan si mike, trs minum temulawak katanya juga bisa bikin hati kita sehat

Tony mengatakan...

kok bisa kena banyak gitu mas?? hati-hati loh kalo ga salah bisa menularkan ??

Hellen mengatakan...

Untung aku tinggal sendirian di rumah jadi ga ada campur tangan pihak lain dengan sendok garpuku..... hehehe.... (mode "NYONYA": ON)..
Urusan kesehatan memang agak sedikt menuntut extra perhatian, dan jangan samapi menganggap hal2 sepele... karena ketika kondisi kita sedang tidak Fit sangat mudah untuk terserang..... Pola hidup, pola makan jangan sampai terabaikan dari perhatian....
Semoga kita semua tetap sehat..... :)

Billah mengatakan...

susah juga kalo dah virus pasti nyebar...btw semangat buat skripsinya bro...ngeblog ga ada istilah utang kunjungan kok rasanya ya kan??? kebut aje skripsinya terusss

elmo mengatakan...

waduh..susah juga ya Mike, berarti kudu hati-hati ya.. kalo ke toilet umum yang gada tisunya sering bikin bete.. udah bayar eh tisunya kagak ada.. huhu..
duh moga Mike sehat selalu dah..en sukses buat skripsinya :)

si dede jadul punya mengatakan...

yoi! gw jd males jajan sembarangan, pilih2 makanan, biar aja kurus, yg penting ga penyakitan..
TIPS JITU: bawa sendok dan piring sendiri ja.

btw, air pipis kuning bs dipake terapi loh.. utk MENCERAHKAN WAJAH. percaya gak? olesin tuh tiap pagi air pipis diwajah, tp air pipisnya yg masi fresh, which is, wkt qt br bgn tidur..
nah loh...
COBA BANG MIKE! COBA!!

Indah mengatakan...

waduh...kok miris bangt jogja lg mewabah hepatitis C, padahal kan kota wisata....
km makan yg bersih Mike...jgn sampe kena...ntar nular ke blog lagi...jadi blog kena virus hepatitis C..he..he..gk bisa ya? nular dr mna?

Don Danang mengatakan...

Wah lum pernah hepa tapi pernah kena gejalanya. Gak enak sama sekali rasanya. Malam kek disayat2 badannya.

Oia selain gak terjaga higienisnya terlalu lelah juga bisa jadi pemicu hepa tuh. Makannya luangkan waktu untuk istirahat.

Banyak minum air putih sama cukup tidur. hehe. *sok tau banget yah?*

JoVie mengatakan...

@ si Dede jadul Punya : Wah, pernah nyoba terapi yah? hihi....bauuuuuuuuuuu

acy mengatakan...

wah jogya musim penyakit nich kudu waspada, solo jogya kan deket :)

gus mengatakan...

waduh, hati2 kang.......jaga kesehatan makanan deh. setahuku kalo pada level tertentu bahaya bgt.

panah hujan mengatakan...

Haghs?

makanya..

kalo mau makan, mampir ke rumahku aja, mike..

udah gratisan .. di pulau dewata pula..

kakakaka..

^^

Republik Gaptek mengatakan...

Waduh sayah orang yang sering makan di angkringa n begitu..Maklum anak rantau..Walah abis gini ya udah sayah masak ajah.Maksih mas infonya

BasH mengatakan...

uihhh bahaya tu penyakitnya...hepatitis... silap2 boleh bawa maut...kan kan....mintak simpang dengan segala penyakit..

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Tapi memang bener.. hepatitis penyakit yang mudah menular.. *sok tau, kabuur..*

edisamsuri mengatakan...

Untung liburan kemarin nggak jadi ke Jogya ..lol.. thanks atas infonya bro jadi harus hati2 nih kalau lagi makan bareng teman

Rita mengatakan...

Pargraf 1, helo juga... gak papa, skripsi lbh penting
Iya,iya moga tips dapat diterima dan dimaklumi ma yang laen. Oya buat jaga2 cepat di vaksin hepatitis A

Kang Boim mengatakan...

hepatitis lag mewabah ya....tu pasti karena kecapaian, banyak pikiran plus sering telat makan...tenang aja hepatitis A kan masih bisa sembuh tp bisa kambuh lagi....

SHALEH mengatakan...

Hepatitis A...
takut, ayo vaksin hepatitis A sekarang

manggIs... mengatakan...

Iyya tuh mike...kebiasaan anak kos yg suka pinjem-pinjem tuh bahaya kaliii...yg paling cepet nularnya biasanya peralatan makan dan alat pencukur kumis/jenggot...hmmm, kayaknya kontan deh nggak pake kredit...he...he..he...

But Hep A bisa sembuh ndiri koq....palingan banter lemas doang....!Jangan sampe phobi banget dah...ntar malah ktularan...

xero mengatakan...

wah klau makan diwarung dibungkus aja prend trus makan dirumah, klau ngga ya bawa sendok sendiri hehehehehe.

Putri mengatakan...

Pelajaran yang Bisa diPetik adalah

Kebersihan itu PenTing !!
:D

Judith mengatakan...

Makanan yang Hygenis pancen dibutuhkan, entah dimana saja ..

Adi_Etz mengatakan...

Duh kasihan 2tahun kmrn ja sdh dilanda gempa sekarang dilanda penyakit!!

edisamsuri mengatakan...

Mudah-mudahn liburan akhir tahun ini sudah nggak ada ya wabah itu...soalnya mau ke sana kangen ama gudegnya

uNieQ mengatakan...

@Jovie, s7 bu, cerdas jg ibu 1 ini hehehe

iya e mike, teman cc ada yang habis kena tuyh, skg badannya kurus banged habis sakit..

btw kebut terus skripsinya.. dah mau kerja toh??

Hanif mengatakan...

Ha ha... berarti pria normal seperti saya juga belum tentu aman yah? :D :D

tambal ban mengatakan...

saya terkena hepatitis apa ya..???
kalo mo beli pasti ngga nyanggup belinya...hehehe

Janey mengatakan...

wadaaa mikey.. tuh serem amat sampai nular gituh.. kirain hepatitis A tuh gak nular loh.. soalnya dekan saya beberapa saat yang lalu kena juga.. huhu.. bukan melalui udara sih ya.. ternyataahh.. :(

D i d i mengatakan...

wah, bisa nular dari makanan yah ? gawat mesti ati-ati nih ...

ups bisa sembuh sendiri yah ? hehehe, berarti gk perlu ke dokter doong ...

geLLy mengatakan...

ikut sad :( atas wabah hebatitis A di jogya
moga yg atit cepet SemBuh YG sehat makin Sehat

jaga diri miCk moga km selalu Sehat amieNN
eitt makan Es krim aman miCk .,...hohooo SEmangTt YUk maeM es krim....

ngatini mengatakan...

haha...jadi inget..aku kalo mau sharing minumn psti nanya temenku dulu "hayo,kamu ada hepatitis gak?!"
tapi habis itu ya bodo amat..sikat ajah! tapi kalo keliatannya dia ngences'an ato tukang ngiler, ato jigong nya dimana2, mending aku gak usah minum dah..hehe

ROE mengatakan...

o o o. hepatitis A, ngeri amat bung. untung saya udah tinggalin JOGJA.

Gelandangan mengatakan...

mudah2an enggak nyebar sampai ke makassar deh mas :D pisss

nita mengatakan...

pernah juga ada kasus hepatitis A di china krn penduduk makan kerang dr sungai yg tercemar virus itu

jadi harus waspada juga sama makanan dr sungai, apalagi kalo sungainya dipakai sbg tempat pembuangan kotoran manusia

dokter mengatakan...

Terima kasih Mike atas informasinya. Semoga pemerintah Djogja bisa menangani secepatnya, supaya tidak menyebar ke daerah lain.

diana bochiel mengatakan...

buset makin lama makin serem aja nih postingan...
hihihi awas ketularan...hmmm thx infonya..moga mbah gw ga napa2 di jogja sana

wendra wijaya mengatakan...

Udah mewabah ya?? sekarang keadaan Jogja gmana?? Trus reaksi pemerintah setempat??? Hati-hati bro...Perasaan koq banyak banget ya aku nanya'nya, hehehe...

presy__L mengatakan...

mmph.. serem juga ya klo kulit gw berubah warna jadi kuning gitu. .walau kulit wanita indonesia mestinya kuning langsat.. alah ngaco. lo ga ketularan kan?? haha jgn sampe deh

Bani "BBoy Kodok" mengatakan...

waH ternyata penuLarannya mudah juga ya?!!!

kaLo gitu muLai sekarang saya ga akan pernaH berbagi makanan dengan temen-temen saya (emang dari duLu juga udah PeLit,he,he,he)...

rosa mengatakan...

siiiiiippppppp....tul bgt...tp klo gak minjemin peralatan makan bs di cap sombong!aplg klo di kos2an *inget masa kuliah dolo* tips bagi g suka nongkrong diWarong, plih makan yang pake' daun/kertas+muluk aja ben aman, ato bawa sendok kemana-mana,diarok saku *repot abis* hehehheheee......

muhammadamrul mengatakan...

waduh gimana ini ternyata jogja berbahaya ya??

padahal sabtu besok mau kesana.....

Benazio R.P mengatakan...

waduh serem banget ya kok bisa kayak gitu .. hm itu virus bukan sih ? kalo emang virus .. asal kena sinar matahari beberapa detik sih ancur virusnya setau gw hohohoo

Didiet mengatakan...

gimana mike hepatitis di jogja uda hilang belum..ngeri banget lo tu penyakit

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Hii... syerem amat ya om.. berarti kalo ke Wc umum juga mesti ati2 donk yaa...

adeq mengatakan...

semuanya harus bersih mike,sendok garpu bersih, kamar bersih, pakaian bersih, makanan bersih... pikiran bersih juga ngak ya biar ngak kena.. haha.. yang paling penting ntuk yang pernah kena penyakit ini jangan terlalu capek krn bisa kambuh lagi

abang mengatakan...

PERTAMAX ....*ngelirik si adhe lagi* hue he he ...
Menjelang Pemilu emang gitu Mike ...itu pasti orang2 Golkar tuh yang nyebar penyakit kuning ...he he

stevensitongan mengatakan...

aq udah tw ni demam sakit Hptts A, lewat web ugm. waduh jd gwt,

Caroline Sutrisno mengatakan...

wah, semoga sekarang kehebohan hepatitis A nya ud berlalu yah.

btw, kadang jajan di luar emang kudu ada unsur debu dan joroknya biar enak. hahaha...

hmphh, jadi kangen makan nasi kucing dan susu jahe di jogja!

salam kenal yah...

Ahmad Wahyudin mengatakan...


segera miliki rumah tahan gempa desain klasik, menarik dgn suasana pedesaan yang eksotik. tersedia berbagai macam model
rumah jawa seperti
rumah joglo
rumah limasan
rumah kampung. kami juga menjual
gebyok kayu jati lawas

Posting Komentar