Agustus 15, 2008

Citilink, 'Adam Air' Baru?

Citilink beroperasi lagi! Masih ingat Citilink kan? Itu lho..anak perusahaan Garuda Indonesia yg target konsumennya menengah ke bawah alias menawarkan penerbangan dengan harga murah..rah..rah..Walaupun targetnya menengah ke bawah, siapa sih yg gak ngiler bisa naek pesawat terbang dengan harga murah?

Ciri khas armada Citilink kalo masih ingat tuh warna-warni. Mudah menarik perhatian apalagi untuk anak-anak kecil. Pakaian pramugarinya pun bercorak rame dan kalo terbang penumpang cuman dikasi permen relaxa, kiss, kopiko, de-el-el..(pengalaman pribadi..he..he).

Setelah menghentikan operasional sejak Januari 2008 silam karena merugi, Citilink dikabarkan menata strategi bisnis baru dan siap kembali beraksi dengan awak kabin yang muda dan ceria *halah..* terhitung mulai 1 September 2008. Hanya sayangnya ga ada penerbangan dari Jogja karena ga masuk rute penerbangan terkini. Ini artinya kalo diriku mo dapet penerbangan murah ke Balikpapan mesti ke Surabaya dulu.

Nah, hanya saja yg sedikit mengganjal, setelah tragedi Adam Air, diriku (mungkin juga orang kebanyakan) cukup trauma dengan penerbangan yang murah-murah. Biaya yang murah identik dengan ketidakberesan sistem maintenance atau perawatan pesawat.

Memang sih transportasi udara disebut-sebut sebagai yg paling aman meski dibandingkan jalur darat atau laut. Namun kalo kecelakaan ya memang tingkat harapan hidup penumpang paling kecil. Makanya perawatan untuk komponen sekecil apapun dari pesawat sangat krusial dan kalau diabaikan ya bisa jadi tragedi.

Celakanya, maintenance pesawat memerlukan dana yg tidak sedikit sehingga sebagian orang kini meragukan penerbangan murah yg dianggap menomerduakan safety. Apalagi pesawat yang digunakan di Indonesia rata-rata bekas dari negara lain dan sudah bukan barang baru.

Nah, bisakah Citilink memberikan jaminan keselamatan nomer satu? Bisakah membalikkan paradigma mengenai 'penerbangan murah' setelah tragedi Adam Air? Bisakah membuat diriku kembali percaya menggunakannya?

Sebagai catatan, armada Boeing B737-300 akan menjadi andalan Citilink. Bukan tergolong baru jika dibandingkan armada Airbus A320 teranyar milik Mandala Airlines yg top abisss. Masih ingat pesawat B737-300 milik Garuda Indonesia yg pecah ban hanya sesaat menjelang take off dari Bandara Soekarno-Hatta pada bulan Juni lalu? Padahal saat itu pesawat sudah melaju sangat kencang namun untung saja sang Pilot segera menyadari adanya ketidakberesan dan segera melakukan pengereman darurat yang menyebabkan pesawat bergetar hebat.

Citilink? We'll See...

40 komentar:

JoVie mengatakan...

ya udah...kita lihat aja kayak apa..masalah musibah sih semua urusan Tuhan...
se bagaus dan se hebat apapun kalau Tuhan menghendaki bakal "pecah' ya pecahlah Mike..
setuju gak?? *awas kalo gak setuju*

Panda mengatakan...

rasanya ga ada alat transportasi yg lebih aman selain kereta api deh :)

kezialee mengatakan...

iyahhh~
tpi gmn dgn airasia..
kaenya mreka so far so gud tuw..

eh, citilink ini punya executive class ga?
kira2 dikasi apa ya?
ditambah akua gelas??
hahahhah~

DUNIAEDUC mengatakan...

Yo A, Bro! Jangan smpe deh Trend pesawat muarah, so tiap orang mudik lebaran pilih pesawat than Bis tapi jd musibah, Tuh perusahaan Penerbangan harus punya responsibility ke penumpangnya, Safetynya, service, Mungkin Klo murah kaya motor 2 bulan sekali chun up, ye :)

Lyla mengatakan...

ya itulah murah meriah bikin celaka...aku sekali naik Lion Air udah deh kapoookkkk... walopun murah tetep aja ogaaahhhh... mending mahal dikit tapi aman...

Nara mengatakan...

wah patut dicoba nie..tp sapa yang mau jadi tester yah..hari gini nyawa seakan tiada artinya..hehehe..tapi kloi dipikir lumayan lohh ada yang msh seger dan ciamikk..kan msh barang baru bro..tapi kayanya stok lama yah..huehehehe..mike aja yang duluan jadi tester mau..??wekekeke..

Bintang mengatakan...

setelah tragedi adam air, aku jadi takut loh naik pesawat dalam negeri...apalagi pas mudik kemaren, pas lagi jalan2 ke daerah menghindari banget naik pesawat...

Abi Bakar mengatakan...

Bener stelah Adam air bikin banyak orang takut, maksudnya kakak saya, gara2x itu pas bulan maret kemarin harus ke lampung karena ingin hadir nikah, dia minta naik veri, katanya ga mau mati gara2x pesawat:)), btw kita lihat aja kemampuan citilink nih

Judith mengatakan...

Sedih waktu liat berita tentang Adam Air ini di swissTV .. Wajar kalo sekarang rakyat di Ina mulai berhati2 setelah peristiwa itu.

kapanpun mengatakan...

pokoknya aku suka ama LION AIR, klo protes ya silahkan selain klo mudik lebih suka pake ntu pesawat juga pramugarina pada carakep tea atuh

Eucalyptus mengatakan...

Kayanya udah trauma deh naik pesawat2 yg gak jelas itu, harga murah tapi nyawa taruhannya, enggak deh...

presy__L mengatakan...

aduh..kayanya ga bakalan deh tuh naik begituan.. serem euy. bener kaya adam air. air asia juga murah si.. walopun jadwalnya sekena-kenanya. mending garuda. tapi beh..garuda mahal bgt..

xero mengatakan...

ya semoga bisa jadi salah satu pilihan transportasi cepat yg murah dan aman.

papapam traffic mengatakan...

wah..kok pada takut naik pesawat sih..klo udah takdir mah..meski di ranjang ya bisa koitlah..gak usah di atas sono

uNieQ mengatakan...

wuihh beroperasi lagi niyh.. cc tuyh dulu suka liad pramugraginya citylink... mancek!!! wkakakakkakaka iya ya Mik, niyh pesawat paling pelit, cuma ngasih permen ma air mineral doank, untung SBY-MKS ga jauh..jadi ga lapar hahahah

iya deyh moga2 ga kejadian kaya ADAM AIR lagi.. *masih trauma*

endah mengatakan...

Liat rutenya, Mike! kalau ada yg ke jogja mau dong nyoba....

elmo mengatakan...

duh...tiket murah.. haist..pasti ada apa2nya tu,dah dikorting sana sini.. :( *takut*

Mike.... mengatakan...

to:
@jovie:stuju-stuju aj deh jov..he..he.

@panda:masa sih?aq jarang naik kereta soale..

@kezialee:semoga citra citilink bs menyamai airasia

@duniaeduc:iya bro..stuju..safety mesti dijamin

@lyla:kalo aq dl naek lion air,koperku dibongkar mbak..untung ga ada barang berharga..

@nara:he..he..suka yg seger-seger ya bro..

@bintang:wajar mbak..:)

@abibakar:iya mas abi..bikin trauma sih kejadian2 kyk gtu..

@judith:wah..ampe d swiis tv jg toh..terkenal juga indonesia ya..he..he..

@kapanpun:dah lama ga pernah naik lion air aq..

@eucalyptus:betul,bu..

@presyl:coba deh skali2 naek kapal laut aj..:)

@xero:aman?semoga bro..

@bani:aminn..

@papapam traffic:bukannya takut naik pesawat,cuma kalo ada yg bs diantisipasi mengapa mesti nekad?

@unieq:eh iya..dikasi air mineral yak?he..he..namanya jg murah cc, ga mungkin dikasi kue kita..

@endah:ga ada rute dari dan ke jogja mbak..

@elmo:detektif elmo beraksi..:D

Dewi Kharisma M. mengatakan...

keselamatan numero uno?

ehehehe.. tanyakan pada bang mike saja, toh?

:D

ROe mengatakan...

jujur bro, semenjak sering terjadi kecelakaan pesawat, aku jadi gemetaran setiap kali mau naik pesawat. bingung.... pilot yang kurang profesional ataukah emang pesawatnya yang udah lolot. he..he...

Kang Boim mengatakan...

waduh kagak ngerti nih...soalnya ga pernah naek pesawat...he...he

wendra wijaya mengatakan...

Ngeri banget kalo liat pemberitaan tentang kecelakaan pesawat. Harapan hidupnya kecil banget!

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Hi... jadi takut naik pesawat kalo inget kejadian adam air.. *kayak paling sering aja naik pesawat..*

Semoga saja jaminan keselamatan yang diberikan kepada pelanggan dapat ditingkatkan.. agar kejadian adam air tidak terulang lagi menorehkan sejarah buruk di dunia transportasi di negara kita..

t i n i mengatakan...

muda dan ceria??
ga ngaruh kaya' nya kalo safety nya ga jamin

Mike.... mengatakan...

to:
@dewi kharisma:halah..tiap ada numero uno pasti kaitannya ke aq yapz..he..he..

@roe:hhmm..keduanya kali yah..he..he..

@kang boim:sekali-sekali dicoba ya bro..:)

@wendra:memang bro..ngeri juga seh..

@i ketut riasmaja:betul mas..salah satu langkah konkretnya dgn dibekukannya adam air bbrp bulan lalu..

@gus:iya mas..

@iksan:sepakat bro..

@tini:he..he..setuju mbak..:)

tyas mengatakan...

baru tau Citilink terbang lagi...
kalo murah tapi taruhannya nyawa, mending enggak deh..

namaku wendy mengatakan...

banyak2 berdoa aja wis kalo mo naek pesawat hiks trakhir kmaren naek pesawat deg2an abiz sampe ngebayangin yg iya-iya hiks

Elsa mengatakan...

aduuh Mike, jangan sampai deh...ada Adam Air jilid dua, tiga atau seterusnya.

tapi emang sih, sangat mengkhawatirkan. semua armada penerbangan komersial kita... semuanya masih sangat mengkhawatirkan!

sedih yaaaa....

Mike.... mengatakan...

to:
@tyas:semoga sih nggak gtu mbak..

@namaku wendy:sama...kalo dipikirin terus mang bs kebawa terus..

@elsa:iya nih..tapi semoga saja ga akan terulang peristiwa adam air kmaren..

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Wadoh.. takut deh mau naik pesawat.. takut jatuh om.. lewat darat aja deh..

chodirin mengatakan...

kalo murah coba pake air asia.. belinya 3 bulan sebelumnya.. pasti dapat harga "sangat murah sekali"

zendra mengatakan...

Citilink sekarang adalah suatu brand yang baru.....
dimana semuanya serba baru, meski maen di harga yang murah bukan berarti keamanan di nomor dua kan.... karena citilink sistem maintenance nya mengadopsi punya garuda yaitu di GMF...
so dijamin aman dengan boeing seri 737-300 dan 737-400 dan rencana februari akan ditambah satu boeing 737-300 lagi...
klo mau simple g pake bawa barang banyak2 yah naek citilink meski bawa barang banyak2 masih lebih murah koq.....
we serve well and do well
citilink low delay......
di setiap station bahkan lebih cepat...

Ahmad Wahyudin mengatakan...


segera miliki rumah tahan gempa desain klasik, menarik dgn suasana pedesaan yang eksotik. tersedia berbagai macam model
rumah jawa seperti
rumah joglo
rumah limasan
rumah kampung. kami juga menjual
gebyok kayu jati lawas

Posting Komentar