Agustus 16, 2008

Tradisi Medali Emas Olimpiade Berlanjut

Lagi-lagi cabang olahraga bulutangkis menjadikan Indonesia populer di mata dunia. Kali ini Markis Kido dan Hendra Setiawan mengukuhkan diri sebagai ganda putra terkuat dunia dengan mengalahkan pasangan tuan rumah China Cai Yun/Fu Haifeng lewat pertandingan tiga set.

Yeah, ini artinya sejak mulai dipertandingkan tahun 1992, bulutangkis selalu memberikan medali emas buat Indonesia. Efeknya adalah Indonesia akan terus ditakuti dan disegani di cabang bulutangkis ini.

Yg jadi uneg-uneg, kenapa Indonesia koq cuma bisa jago di bulutangkis yah? Masak negara dengan penduduk 220 juta jiwa cuma bisa kasi 1 ato 2 medali emas? Apa memang kekurangan sumber daya manusia untuk jadi atlet jago?

Menurutku, sebenarnya banyak orang Indonesia yg berpotensi menjadi olahragawan hebat. Namun minimnya jaminan pemerintah terhadap masa depan atlet membuat orang berpikir panjang untuk memutuskan 100% mengabdikan diri di sebuah cabang olahraga.

Taruhlah sepakbola. Sampai kapanpun olahraga ini ga akan pernah bikin Indonesia disegani di mata dunia. Padahal ini olahraga terpopuler sejagat. Kenapa bisa begitu? Lha wong yg main tuh skill-nya pas-pasan smua. Ga adakah satuuu aja pemain asal Indonesia yg skill-nya ga kalah dari Zidane, Del Piero, Ronaldo, dll? Dari 220 juta penduduk loh?! Pasti ada, hanya saja mereka ga mau jadi pebola. Gaji kecil, kalo patah kaki biaya mahal, dan kalo karir tamat mo jadi apa? Mending sekolah en kuliah yg bener trus kerja yg bagus. Tul gak?

Di Indonesia bulutangkis adalah juara dan sepakbola adalah pecundang. Kentara kan mana juara mana pecundang dari suporternya? Pernahkah kita lihat penonton bulutangkis bkin rusuh bakar-bakar korsi, ato tawuran ma suporter lain? Bagaimana dengan suporter sepakbola yg doyan banget bkin onar, ngerusak kendaraan kalo tim kesayangannya kalah, ato ngejar-ngejar wasit buat digebukin? What a shame!!

Selamat buat Markis dan Hendra. Di saat kebanggaan terhadap bangsa mulai luntur, kalian menyegarkan kembali wajah negeri ini di mata dunia. Semoga emas kedua bisa didapat di ganda campuran nanti.

52 komentar:

abbie mengatakan...

AH-HA!! Pertamaxxx nih kayaknya...
Selamat bt tim bulutangkis kita.

Penghargaan pmrnth hrs lbh baik. Ingat kasusnya Elyas Pical? Bekas juara tinju dunia ini blm lama ketangkep kasus narkoba waktu kerja jd security di tempat hiburan malam. :(

Billah mengatakan...

ya lumayanlah walaupun baru bulu tangkis mudah2an kedepan yg lain menyusul

JoVie mengatakan...

Tanya kenapa?? ya seperti alasan kamu diatas itu Mike...

mereka udah capek bela2in negara, bawa nama negara, tapi semua hanya menjadi kenangan aja setelah mereka tua...lihat aja atlet2 kita...yang menang di waktu mudanya...
sepi...gak ada kabar lagi, gak ada yang dibanggakan...Indonesia kurang perduli..

Bukan cuma pemerintah yang gak perduli Mike...Mike aja gak perduli..buktinya nih..NgeBlog mulu..hihikz..
Kabur...**

Dewi Kharisma M. mengatakan...

Indonesia takut untuk maju?

Kate siape?

ahahaha..

yang takut untuk maju itu... yaaa.. pemerintahnya.. ^^

ngga ngada2in revolusi juga :(

btw..

MERDEKA INDONESIAKU!

Abi Bakar mengatakan...

Bulu tangkis emang satu2xnya cabang yg bisa dibanggakan di negri ini, hanya itu saja.., dan setuju sama Mike, karena jaminan hidup untuk para atlit yang memperihatinkan tidak membuat calon atlit percaya untuk mendedikasikan dirinya di olah raga.

ROe mengatakan...

Tradisi emas di ganda putra emang udah dari dulu, dari tahun 96. pokoknya MERDEKAAAAAA

Indah mengatakan...

Ya begitulah indonesia....apa krn kompensasinya kurang ya?para lulusan juara sepertinya kuangdihargai deh..byk yg tuwa2 hidupnya jg skrg susah...pdhl dl mengharumkan nama bangsa....semoga di hari kemerdekaan ini...indonesia bs lebih baek deh...gk cuma merdeka di mulut aja...dan gedung2 ya kokoh tp rakyatnya merdeka lahir batin...he..he..sok tau neh

muhammadamrul mengatakan...

biasanya para atlit sepakbola juga merangkap atlit KARATE... jadilah sepakbola kita terpuruk mas....

Kang Boim mengatakan...

yup akhirnya indonesia bakal pulang tanpa tangan kosong...tinggal tunggu satu lagi ni dari ganda campurannya

apiscerana mengatakan...

indonesia punya potensi jadi negara kuat di bidang olah raga...

tapi kok cuman bulu tangkis yang bisa mendunia

Lyla mengatakan...

lah mungkin bisanya cuma itu doang bulu tangkis hehehe... tp skrg taufik Hidayat aja dah kalah mulu :P

wendra wijaya mengatakan...

Sepakat! Selama ini, atlet hanya dijadikan "alat" untuk mengharumkan nama bangsa. Setelah itu, mereka didepak tanpa ada penghargaan yg setimpal dengan jasa mereka...

herlan mengatakan...

Iya nih pemerintah kurang menghargai atlet-atlet kita, saya juga berharap atlet-atlet kita jangan terlalu cepat puas dan terus banyak berlatih.

mochal mengatakan...

Saya setuju ama mas wendra, nasib atlit tidak di perhatikan lagi ketika mereka sudah turun dari lapangan. Hmm ironis memang, habis manis sepah di buang. Tapi lumayan medali emas tersebut buat kado di hari ULTAH RI yang ke 63 Merdekaaaaaaa.

firdaus.a mengatakan...

Saya baca berita kemenangannya Kido/hendra.. terharu bener... kan mereka bilang "ini kado untuk seluruh rakyat indonesia". Nah, ditempat saya pada getol maen badminton.. semuanya pada ngobrolin mereka berdua.. keren dah.

Tony mengatakan...

lumayan bisa nonjol di bulutangkis daripada ga ada sama sekali bisa lebih malu soal penduduk banyak gitu :D

Reny.. mengatakan...

Akirnya dapet emas juga !!
Hehehe..

Tapi sayangnya yang ganda campuran gak bisa dapet emas lagi..
Huhuhu..

aphied mengatakan...

harus kasih two thumbs up buat Markis/Hendra,,sayang Nova?lilyana gagal,,

gmn bola mo maju?org ketua PSSI nya ndiri jg lage kena masalah,,
gmn mo ngurusin bola?

lah,,,ko jd marah?kabuuuuur ah,,,,

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Hoorraayyyy... akhirnya dapat emas... semoga gak hanya bulu tangkis ya kang... dari cabang olah raga yang lain juga bisa mengikuti jejak prestasi bulu tangkis di arena olympiade ini.. kalo bukan sekarang mungkin olumpiade mendatang.. dan di arena kejuaraan yang lain..

Sukses buat tim olypiade Indonesia.. selamat buat tim bulu tangkis Indonesia..

Feri mengatakan...

Nasib para veteran pejuang kemerdekaan bangsa kita nasibnya lebih para lagi. Barusan kemarin saya lihat di TV ada seorang mantan pejuang yg sudah tua rentah dengan sederet penghargaan dari pemerintah, Namun tinggalnya di kolong jembatan.

Bangsa kita memang kurang bahkan tidak menghargai para pahlawannya yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Padahal negara yang maju adalah negara yang mampu menghargai para pahlawannya.

Kristina Dian Safitry mengatakan...

jangankan kamu mic, aku aja juga heran tuh. masa cuma itu yg dijagokan. makany akamu harus maju, rebut kembali tuh medali medali yang dah terlanjur jatuh ketangan negara lain. tak dukung deh,he..he..

uNieQ mengatakan...

iya juga ya?? jagonya di badminton doank, padahal khan waktu kecil sudah diajarin balap karung, makan kerupuk, panjat pinang.. *Lhoooo* hehhehehe

Bani "BBoy Kodok" mengatakan...

kalo badminton mah jangan ditanya,he,he
Indonesia emang MASIH Jago,,,

korupsi nya juga dapet medaLi emas Lho, (halah)

Judith mengatakan...

Mudah2an para olahragawan/wati di Ina makin semangat lagi, kayak jaman aku masih sekolah dulu rame deh para pengikut olimpiade. Dari bulutangkis,marathon,renang,tennis dll.

Semangat buat para olahragawan/wati Indonesia.
Semangat juga buat Mike yang makin rajin nulis dengan postingan banyak tentang berita .. Thanks Mike!

Iksan mengatakan...

daripada ngambur2in duit buat sepakbola mendingan buat bulutangkis aja betul...?

dee mengatakan...

tim bulutangkis INA emang hebat..
mungkin karena atlet2nya lebih disiplin en hidupnya terjamin x ya.. mungkin ga mike kesebelasan INA bisa unjuk gigi?

Mike.... mengatakan...

to:
@abbie:iya..masih ingat ma nasib elias pical..sayang sekali..

@panda:betul sekali..sesuai dgn pidato presiden kmrn..

@billah:semogaaa..

@jovie:jov...gw peduli jov..coba gw pengusaha sukses,pasti ronaldo dah ta datangin ke indonesia..wekekeke..

@dewi kharisma:setujuu..pemerintah indonesia ini mang telinganya dah kebal ama demo en protes rakyat kali ya..

@abi bakar:betul banget mas abi..

@roe:dan semoga akan terus berlanjut..

@indah:semoga pemerintah mau mendengar keluh kesah seperti ini..he..he..

@muhammadamrul:eh iya yah..atlit bola kita juga jago karate yakz..wakakaka..

@kang boim:sayang cm dapet perak bro..

@apiscerana:payah emang bro..

@lyla:kalo bisanya cm bulutangkis..brarti emang ga ada bakat olahraga orang indonesia..

@wendra wijaya:sepakatt..

@herlan:semoga sajaa..

@mochal:soale pemerintah cm tau ngurusin mengamankan kursi jabatan aj bro..

@firdaus:makanya gw lebih bangga ma kido/hendra drpd ma pemerintah..

@tony:tinju juga ada sih..kn indo masi juara dunia si chris jon..

@reny:yupz..sayang sekali ga dapet emas kedua..

@aphied:iya tuh..narapidana koq malah dipertahankan jadi ketua umum..capede..

@i ketut riasmaja:semoga olimpiade 4 taon lagi di london makin banyak medali buat indonesia..

@feri:sayang sekali peran pemerintah emang vital di sini..gw jg prihatin bgt

@kristina dian:hah..koq mike yg didukung?he..he..

@rezky pratama:mana bisa pulang bawa banyak..satu aj dah kebanyakan koq..:D

@unieq:nah sayangnya ga ada tuh dipertandingkan d olimpiade..

@bani:yupzz..korupsi dapet medali emas..wekekeke..

@judith:semoga mbakk...he..he..

@shaleh:memang bro..

@iksan:kalo gw sih masih berharap sepakbola kita bakal lebih diperhatikan bro..:)

@jenny:lh..kn udah dapet perak..ga nonton ya kmaren..

@dee:kesebelasan ina?ga mungkin dee...hehehehe.

diana bochiel mengatakan...

huy...hehehehe.aku datang..
huaaaa gag nonton yg dapet emas...
malah nonton ganda campuran si sapa tuh namanya..pkoknya sebelum liliana natsir..
sebel deh oon bgt maennya..
*sok bisa bgt Na Na...*
makasih dah maen ke tempat na...

diana bochiel mengatakan...

huy...hehehehe.aku datang..
huaaaa gag nonton yg dapet emas...
malah nonton ganda campuran si sapa tuh namanya..pkoknya sebelum liliana natsir..
sebel deh oon bgt maennya..
*sok bisa bgt Na Na...*
makasih dah maen ke tempat na...

apiscerana mengatakan...

klo gue jadi mentri pemuda dan olah raga.

1. olah raga renang pasti dapat mendali emas..
gue latih anak bangsa berenang di sungai yang arusnya kenceng, buayanya banyak, dan sungai-sungai yang lain di Indonesia.

2. Lari.. pasti juga dapat emas.
gue suruh, dia maling di kampung yang padat penduduk.. pasti larinya kenceng...

3.Loncat Indah.
dari atas jembatan, gue dorong satu-satu, si anak bangsa.. supaya loncatannya indah..he...he...

pasti indonesia jadi legenda di cabang diatas, selain bulu tangkis..
ha....ha.....ha...

tukeran link yok...
linknya udah gue pasang disini

Daniel GM mengatakan...

masalahnya selalu sama dari dulu...
coba ya dijadikan budaya kalau olahragawan yang berprestasi itu bisa memiliki kehidupan yang layak... pasti di masa depan banyak banget yang bisa nyumbang emas... teman2 dari papua tuh punya bakat khusus lho di atletik... belum termasuk daerah lainnya...

masenchipz mengatakan...

BTW kapan sport gw bisa melejit ya... tenis oh tenis.... apa musti gw yg turun nih.... he...he...wekeek

Benny Andhika mengatakan...

acungan jempol buat perbulutangkisan indonesia..
btw, sepak bola kita kapan ya??

salam kenal

Rais mengatakan...

anjritttttttt yang pasti bukan aku yo yang galak buat onar hehehehehehehe

http://raispunya.blogspot.com

Bayu Aditya mengatakan...

selamat nih buat tim badminton indonesia. yg lain mana ya? kan indonesia potensi atlitnya banyak.. :(

Mike.... mengatakan...

to:
@diana bochiel:iya,na..aq jg kesel wkt nonton vita/flandy maen..

@apiscerana:hahaha..ketawa aq baca program2mu bro..wkwkwkwkw..tuker link?bolehh..

@daniel:stuju bro..

@masenchipz:wah..boleh bro..asal bisa bersaing lho..:)

@benny andhika:sepakbola?hmm..kapan2 deh..wakakaka..salam kenal jg..

@rais:syukurlah kalo bukan dirimu bro..:D

@bayu aditya:yang laen?pade ke laut kali bro..

Bintang mengatakan...

selamet deh buat markis n hendra atas kemenangannya...

tyas mengatakan...

paling males kalo nonton sepak bola indonesia...
yg seru ya cuma kerusuhan supporternya...
yg di jkt jauh2 deh dari senayan kalo pas ada pertandingan sepakbola..
bisa2 mobil ikutan penyok digebukin supporter ngamuk...

Elsa mengatakan...

sayangnya, Liliyana Natsir dan Nova Widianto gagal merebut Emas dari ganda campuran Korea.

semoga tahun depan, perolehan medali kita lebih baik lagi.Amien!

Mike.... mengatakan...

to:
@bintang:iya mbak..dsana bs nonton juga?

@tyas:betul mbak..aq juga slalu nunggu tuh di tv kalo liga indonesia maen, selaen komentatornya yg lucu2 omongannya yg bs bkin neg juga nungguin kalo ada perkelahian..he..he..

@elsa:sayang sekali ganda campuran cm dpt perak...bukan taon depan,elsa..empat tahun lagi..:)

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Maju terus Indonesiaku.. mudah2an ke depannya Indonesia gak cm jaya di Bulu tangkis aja..

Bayu Aditya mengatakan...

tapi sayang cuma dikit ya.. mudah2an indonesia bisa lebih maju lagi baik di ekonomi dan perolahragaan

Muhammad Qori mengatakan...

orang orAng diatasku adlah blogger nasionalis...
yah saya juga ikut ikutan juga ah.

Ahmad Wahyudin mengatakan...


segera miliki rumah tahan gempa desain klasik, menarik dgn suasana pedesaan yang eksotik. tersedia berbagai macam model
rumah jawa seperti
rumah joglo
rumah limasan
rumah kampung. kami juga menjual
gebyok kayu jati lawas

Posting Komentar