Agustus 28, 2008

Nama, Ciri Khas, dan Doa

William Shakespeare pernah mencetuskan sebuah kalimat sakti yang terkenal melebihi nama William Shakespeare itu sendiri. "Apalah arti sebuah nama?", begitu bunyi kalimatnya. Cukup familiar di telinga kita bukan?

Di dunia ini, nama orang di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Inzaghi, Botti, Totti, Bocelli, Pavarotti kita tahu merupakan nama-nama khas Italia.

Ivanovic, Mihajlovic, Milutinovic, Savicevic, Milosevic, Kovacevic merupakan nama-nama khas negeri Balkan.

Kasparov, Titov, Molotov, Karpov berasal dari Rusia.

Jadi, dengan nama kita punya ciri khas kan? Bukan tanpa arti! Entah lah jika penafsiranku akan kata-kata Shakespeare ini salah karena diriku toh gak ngerti apa-apa dengan bahasa sastra yg kadang-kadang bermakna eksplisit.

Asia juga punya ciri khas lho, Cina punya nama-nama yg unik. Kalo kita dengar nama-nama tersebut pasti langsung tau kalo itu dari negeri Tiongkok. Sebut saja Lin Dan, Soe Hok Gie, Pai Siu Chen, Siaw Long Lie.. *mulai ngawur*..Syang Syang Ma Ling Seng *tambah ngawur*..he..he..

Indonesia Juga ga mo kalah. Bahkan tiap daerah di Indonesia hampir punya nama-nama khas. Sebut saja Jaja Miharja, Mamat, Maman, Cecep. Tutup mata sambil ngebayangin aja kita langsung tau kalo itu nama asli Negeri Pasundan. Suharto, Suroso, Paijo, Santoso pasti dari daerah Jawa. Kalo daerah Sulawesi Selatan biasanya di akhir nama ada 'din', contohnya Syamsudin, Baharudin, Syaipudin. Nah kalo di Banjar kalo ga salah di akhir nama ada 'syah', seperti Irwansyah, Iskandarsyah, dll.

Tuh kan..Berarti nama punya arti sebuah ciri khas daerah asal sang pemilik nama. Terlepas dari mereka punya nama panggilan lain namun tetep saja mereka menyandang gelar dari tanah kelahiran leluhur mereka.

Nama juga berarti sebuah doa. Doa dari orangtua yang menginginkan anaknya menjadi orang yg sesuai dengan arti namanya. Walaupun gak semua harapan itu pasti terwujud.

Raja Ptolomeus II yg memerintah Mesir tahun 285-246 SM memiliki nama asli "Philadephus" yg berarti 'penyayang saudara'. Namun Semasa hidupnya ia membunuh dua orang saudara laki-lakinya.

Penerusnya sama saja. Raja Ptolomeus IV yg memerintah 221-203 SM memiliki nama asli "Philopator" yg berarti 'penyayang ayah'. Namun di masa hidupnya pun Ptolomeus IV melanggar arti namanya dengan membunuh ayahnya.

So, mau diberi nama apa anak kalian kelak?

PS: Terima kasih buat Jovie yg dah berkenan meng-edit kolom komentarku hingga jadi lebih sedap dipandang mata. Terima kasih juga buat reviewnya yah..keren bgt,sist! Sepertinya diriku mendapat banyak temen baru dari blogmu lho..:)





91 komentar:

Bayu Aditya mengatakan...

Bener bro, nama itu ciri khas. bisa juga tau sifat dari namanya, coba perhatiin deh, kalo ada yg namanya sama, ada bbrp yg sifatnya mirip2 juga

Fajar Indra mengatakan...

Keduaxxxx

pokoknya nama anak saia harus ada unsur Basque atau Polish nya. Ben angel diwoco karo wong endonesa

huehuehue

nimzoindy mengatakan...

Nama my favourite chessmaster pun ada. Tp skg kasparov dh tggl di US. nimzoindy

jingga mengatakan...

hahha...blum kepikiran mo ngasih nama anak apa :D , tp yo seng apik to mas

dee mengatakan...

nama itu doa dr org tua atw si pemberi nama.. kaya namaku 'Dyah ayu puspita sari".. kata eyangku artinya hadian yg cantik seperti bunga.. ceilleeeeeh...

nugraha adi putra mengatakan...

hmmm...
emang nama NUgraha Adi putra...ganteng.. ganteng sekali..
*narsis*

Eucalyptus mengatakan...

ADa benernya juga, kan nama juga doa tuh katanya... Makanya orang tua kebanyakan kasih nama anaknya yang indah2

erwin mengatakan...

jaman sekarang memang nama penting mas..ga hanya apalah arti sembuah nama..klo orang itu ga punya nama,gmana manggilnya..wehehehe..

Daniel GM mengatakan...

wah mike sampe melakukan riset ya.. wah salut..kalo namanya cinta laura atau gading marten atau guruh dan guntur itu dari mana ya.. he he...

monyetgaul mengatakan...

mungkin aja yg membunuh itu sayang..karena biar ga kelamaan hidup didunia...hehehe
nama sayah juga terbalik...
Fajar-->orangnya item

harusnya khan putih...ehgeh

wawanwae mengatakan...

nama anak saya Faza Arya Gagas Mardhika. Artinya kestaria gagah yang berpikiran merdeka. Jadinya sekarang inginnya bebas merdeka, nggak mau diatur. Nakalnya minta ampun hehehe. Tapi tak apa, katanya nakal itu tandanya pinter.

gus mengatakan...

nama saya gus doang alias gus aja alias gus thok...apa arinya Yah?

zahra mengatakan...

INDONESIA juga ada nama khas,,,, ya semua marga yang ada,,, lebih banyak lagi (ya iya lah masa ya iya dong mulan aja jami Lah bukan jami dong)
,,,

AgRiT Rachman mengatakan...

hmm.. namaku gak ada artinya.. cuma diambil dari kata 'agriculture' ajah karena orangtua kerja di departemen pertanian.. jadinya unik.. hehe.. ^_^

klo nama mike artinya apah?

uNieQ mengatakan...

iya bener Mikey.. di Sulawesi Selatan itu namanya memang kebanyakan akhirnya 'din' nama bapak cc aja akhirannya 'din' dan berimbas sama nama belakang cc hehehehehe

btw BEte juga siyh sama nama cc, tau ga nama ortu cc itu sampe dua kata, sementara nama cc hanya 1 kata doank.. sedih banged..untung nama cc bukan berakhiran 'din' juga hahahaha :P

Mike.... mengatakan...

to:
@bayu aditya:ohya?baru tau jg nih bro..

@fajar indra:beneran neh??yakinn?he..he..

@nimzoindy:asal leluhurnya ttp rusia kn bro..

@jingga:pasti donk..

@dee:keren namamu dee..:)

@nugraha adi putra:perasaan artinya ga gtu deh..:D

@eucalyptus:ada pengecualian di daerah batak karo bu..namanya aneh2..komputer, obeng, dlsb..^^,

@erwin:betul..walaupun amanya banyak ttp aja butuh nama yak..

@daniel gm:riset?ah..nggak koq bro..cm pengetahuan umum aj kn..

@monyetgaul:oh..namanya fajar toh..:)

@wawanwae:he..he..biasalah anak kecil mas..ntar kalo gede moga2 dia bertanggungjawab sama namanya..

@gus:singkat juga ya mas..ga ada tambahan apa2 gtu?

@zahra:kalo marga sih jelas ada donk..

@agrit:iya..unik yah..hi..hi.
kalo mike itu cm panggilan. aslinya michael, nama malaikat, tapi orangnya ga kayak gtu..hahahaha..

@unieq:hahaha..trus namanya cc apa nih sebenarnya?

Ridho mengatakan...

Namun ada bbrp nama yg bisa jd bikin si pemiliknya jadi kesel, misal, Alan
Ketika orang memanggil jd seperti ini Si Alan. hehhe

acy mengatakan...

nama bagus nggak menjamin juga karakter si pemilik juga bagus, ada tuch ryan bagus sayang killer abis :)

uNieQ mengatakan...

weleh mike..masa disebutin disini..tp gpp..kali aja ada orang iseng jadiin keyword n masuk ke blog mikey hahahahaha

nama asli cc Wahyuni Kamaluddin Syam

dan nama cc cuma Wahyuni aj.. hikssss ngeri khan.. cuma sepenggal doank.. huihuhuhuhu

masenchipz mengatakan...

klo elo tau gak arti nama masenchipz sebenarnya.... hayooo apa??? he..he..

BasH mengatakan...

wahh info baru yg aku dapat tentang nama2 orang indonesia...hehe kalo di malaysia juga ada,,,tp itu dahulu, skrg ga lagi, nama tidak dapat menentukan dia dari daerah mana.

Tony mengatakan...

kok bisa hafal sih itu nama2 yang sulit disebut itu mas Mike ?? :D

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Kalo nama saya ciri khas mana yah... mmm.. *sok bingung..he.he.he..*

*kabuur..*

JoVie mengatakan...

nama anak saya nanti ada [dot]com-nya....biar gampang dicari...termasuk nama mana yah om Mikey??
============================================
Waduh..Mike, soal kotak itu hal kecil gak usah disebutin disini, duh..malu nih..hikz..thx yah

iksan mengatakan...

iksan, mikey, delon, joy, judika , klo itu nama nama apa coba..kekekekekeke

kiki ali mengatakan...

nama anak kiki ntar ada imut, kiyut, manis, cakep diujungnya..

biar anaknya ingat sama emaknya yang juga imut.
huwahahahaha.....

utti mengatakan...

iya bener tuh,msng2 nama pasti pnya ciri khas daerah asal'nya,klu bt sayah mah nama itu sm aja dngan doa,pastinya kan ortu kita tuh ksh nama k anaknya kgk smbarangan malah pakai bubur merah putih tuh *deuh kyk bendera aja,huehehe...

btw itu kang mamat,maman,cecep, itu mah tetangga sblah rmh sayah ko ada dsini,xixixi

Suzhein Ayu mengatakan...

kalo nama anjing, kucing, paus, kuda, buaya.. itu nama apa mike??

*mikir yang kelewat bego!*

brillie mengatakan...

cuma brillie yang punya nama unik. Hehehehe... satu"nya di INDONESIA. Hohoho... (** congkaknya keluar ^^)

Panda mengatakan...

anak pertama Panda ( cow ) = Putra Pratama Panda
anak kedua Panda ( cew ) = Putri Dwi Panda
anak ketiga Panda ( cow ) = Putra Tri Panda

jadi jgn kaget Mike, kalo presiden Indo tahun 2019 ada yg nama belakangnya Panda, pasti tuh anak Panda :D

* kaburrrrrrrrrr *

Ongki mengatakan...

nama merupakan sebuah tanggung jawab, jadi kita harus menjaganya dgn baik

Mike.... mengatakan...

to:
@ridho:he..he..bisa aje bro..

@acy:lah itu dia,cy..

@unieq:hmm..kalo wahyuni artinya apa ya cc..

@masenchipz:ga tau om..apa coba?

@bash:tapi nama2 di malaysia juga unik2 ya..

@tony:sering kita denger koq mas nama2nya..

@i ketut riasmaja:udah jelas mas rias pasti dr bali..wkwkwkw..

@jovie:halah..ga direkomendasikan lho jov..masa nama pake dotcom..:)

@iksan:itu nama2 juara kn bro..:D

@kiki ali:masa sehhh...^^,

@angel:dulu2 brarti ga yahud dong..ha..ha..ha..

@utti:kalo gtu tetangganya ta pinjem dulu buat pajangan dsni yaa..

@suzhein:yaelah..hewan2 koq dibawa ksini smua..:)

@brillie:iya tuh..baru denger jg nama sepertimu..

@panda:yoi..ditungggu generasi panda jd presiden mendatang..

@ongki:tapi ga mudah lho..

@amiene:kuasa sakti?maksudnya?

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Nama adalah do'a.. makanya Shasa di kasih nama Shahira Danish Ara Rizani, dengan harapan benar menjadi Wanita terhormat yang bijaksana.. Amien..

xero mengatakan...

wah soal nama anak kelak belum mikir, maunya si yg unik dan ngga pasaran hehehehehe

Bani "BBoy Kodok" mengatakan...

Ada juga tuh nama yg diberi sesuai hari kelahiran,,, misalnya KAMAL yg lahirnya pas Kamis Malem... he,he,he

kaLo saya Bani Magribi,,ayoo lahirnya Pas apa??? betul sekaLi itu....he,he,he

kapanpun mengatakan...

ada juga yang namanya Cangkir karena lahir pas ada lounching CANGKIR

Kalau kapanpun namanaya lahir karena kapan saja bisa komentar di sini dan kapanpun bisa >>> kabouuurrr

Indah mengatakan...

yupp....nam aberbau..agamamis ato tokoh...
rania biar kayak ratu rania...saskia..kyk seleb he..he..yg penting besok berguna bg nusa dan bangsa...

Mike.... mengatakan...

to:
@mama shasa:waa..keren banget namanya shasa ternyata..:)

@xero:nah itu dia..selamat memikirkan bro..

@bani:yoopzz..tertebak!

@kapanpun:sip bro..komentar2nya terus ditunggu..:D

@indah:ratu rania itu dr negara mana to mbak?mike ga tau..hi.hi..

@cumie:iya lah..masak dinamain cumi?!
^^

@kristina dian s:pasti donk mbak..ada juga sepertinya sih yg ga punya arti..

Judith mengatakan...

Mike,jaman seakarang dah mulai banyak nama2 anak yang kadang diambil dari daerah lain. Di Asia, banyak nama anak yang kebarat2an. kevin,michael,sasha,dominique,dll... Nah anakku yang bungsu malah ambil nama jawa Andhytoditya, kendati papanya org eropa. Tapi sudah tradisi mungkin juga dinegara lain, bahwa nama mo barat kek mo daerah kek, tetap menyandang Family nama dari turun temurun sang kakek. Misalnya Kevin-Wahyudi, Bryan Pattimura, Cecep Schneider, Slamet Anderson dll .. he he! jadi agak gimanaaa gitu..

Anakku yang bungsu kendati namanya jawa tapi family namanya eropa, jadi Andhytoditya Schaad! Hhwwooaaa ..hiks.

Memang betul Mike,nama yang diberikan ortu itu adalah Doa. Jadi nama nggak perlu keren2 tapi Doa orangtua yang tiada henti selalu menyertai anak, itu yang paling penting.

Lho?? Mikeeee..kommentku kok jadi panjang gini. Sori, ntar dikirain numpang update diblog orang nih, hihiii.. Thanks Mike.

Novee mengatakan...

nama saya ciri khas daerah mana, Mike..?
duh, mikirin anak mo dikasih nama apa..
mikir punya suami aja belom koq..
bwahahahaaa..

Jane mengatakan...

hohoho... lucu juga yah kalo punya anak di kasi nama Mozart Hayden atawa Tchaikovsky.. huakakaka...

rezKY p-RA-tama mengatakan...

waduh,,, apalah arti sebuah nama,,,,,tapi repot juga kalo gak punya nama,,,ntar kalo teriak2 ribet tuh!

Afif Amrullah mengatakan...

"nama punya arti sebuah ciri khas daerah asal sang pemilik nama".broth, namaku ciri khas daerah mana ya?

edisamsuri mengatakan...

ya apalah arti sebuah nama...sampai2 di daerah saya da ayng yang nama nya Pengki ,

Jenny Oetomo mengatakan...

Kalau namanya tidak mengandung arti hal yang baik harusnya ganti namanya ya, he he he salam

Dewi Kharisma M. mengatakan...

wah, kalau kata-kata Shakespeare itu kayaknya konotasinya ngga ke arah itu, deh, kak..

ahahaha..

itu, kan, sesuai tuntutan kisah dramanya dia..

ehehehe :D

btw, nama memang berarti. kadang ada yang nasibnya super apes n sial melulu gara2 namanya jelek. ada yang jadi jutawan, miliader, sukses terus.. karena namanya membawa keberuntungan.

makanya banyak kan tuh ada buku nama2 bayi yang keren2..?

ehehehe :D

namaku sendiri punya banyak arti, lho. :)

bagaimana dengan namamu, kak?

Dewi Kharisma M. mengatakan...

oh ya, sesuai komitmenku. ahahaha.. minggu depan baru deh diriku berkunjung lagi.. maaf yak, kakak :D *btw rankingku ngga naik2.. ahahahahaha..

cediiihnyaaa...

•AtseroFourth-alvarie•™ mengatakan...

Apalah artinya sebuah nama.............
Tapi nama adalah doa...
berilah anak anda kelak nama yang berarti bagus^^
met kenal
salam sukses

abbie mengatakan...

klo nama mike majolivan darimana mas?
penasaran nih..
:)

elmo mengatakan...

hihi..arti nama.. apalah arti sebuah nama.. :P
kalo nama elmo artinya apa yak.. :D

uNieQ mengatakan...

ga tau mikey artinya apa ya??? hehehheeh mgk ada yg tau artinya? :P

Mike.... mengatakan...

to:
@judith:he..he..gpp panjang2 mbak..makasi sharingnya yah,mbak judith..^^

@novee:namanya mbak novi tuh umum koq..ga mencerminkan ciri khas mana, sama kayak nama mike gni..:P

@jane:wah..dah mikirin nama yak..he..he..

@rezky pratama:ya siapa juga yg ga mo punya nama.

@afif amrullah:sul-sel bukan bro?

@edisamsuri:lah mike jg punya temen namanya gtu mas..he..he..

@jenny oetomo:wah..jangan sampe diganti lah mas..

@dewi kharisma:jd arti namamu apa,chel?he..he..rengkingmu ga naek2 krn km ganti nama atuh..

@atserofourth:salam kenal juga..makasi dah mau mampir..

@p3durungan:siapa yg tau????

@anang:iya mas...he..he..

@abbie:mike itu yah namaku,mas..kalo majolivan, berhubung mike suka olahraga:
majoli= nama petenis idolaku,iva majoli
van= diambil dr marco van basten, pebola idola saiyaaa..dah ga pnasaran lg kn..

@elmo:apa donk artinyaa..

@unieq:siapa yg tau hayoo bagi2 sini..:)

ririn mengatakan...

hehehe...
kalo namanku apa ya artinya..
kaya'nya cuma nyomot nama orang2..
ririn nama temen ibuku..
restu nama kakakku..
adiati nama bapak ibuku..

Lahh.. ko aku curhat,hehe.. maap2.. abis suka ada yg nanyain arti nama, bingung jawabnya,hehe

kita mengatakan...

wiihhh..di bali juga khas banget nama2nya mas..nengah,,made,,nyoman,,khas banget kan??

Caroline Sutrisno mengatakan...

stujuuu... nama itu doa. jadi aku selalu nyari nama dengan arti yang indah buat anakku..

Here I am... -ERVI- mengatakan...

Nama gw ervi.. gak ada artinya tuh.. cuma ortu gw demen aja, bagus katanya. Temen2 gw suka nyingkat nama gw jd rv, biar hemat klo sms. Suka dikaitkan ama honda c-rv. Sayangnya gw gak punya honda c-rv.. huaaa..

Nama anak gw.. lum kepikiran tuh.. hahaha..

Klo nama mike artinya apa?

informasilowongankerja mengatakan...

nama merupakan sebuah anugerah dari ortu kita yang menginginkan anaknya menjadi seorang anak yang bisa berguna

Elsa mengatakan...

kalo Mickey Mouse sama Mikey yang punya blog ini...memiliki kemiripan nama, artinya apa tuh?

stella mengatakan...

I recently came accross your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I dont know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.

Julissa

http://www.hairweavingbasics.com

Souvenir Pernikahan mengatakan...

saya sudah taruh link km di web saya.. mohon taruh link balik ya...

link km namanya "Numero Uno"

thx

RaRa Wulan mengatakan...

setiap daerah dan negara mempunyai ciri khas sendiri tentang nama..
sejelek2nya nama kita kita harus mensyukuri karena di dalam sebuah nama tersirat doa yang diberikan oleh orangtua kepada kita jadi jangan malu dengan nama sendiri ...
thanks :)

Rugby rules mengatakan...

Prayers shouldn't cost u a penny! Pray yourself in church or in your home. Have your minister offer prayers for those who need them, etc. Send money or else! Keep you money and just pray.

Rugby rules mengatakan...

Nice Blogs ! Everything you make here thats are very informative...

bedroom furniture mengatakan...

Every sentence has a point that shows how to approach God, how to ask, how to thank, what to place emphasis upon. It's a Great structure, imo. I don't think it should be religiously chanted verbatum, or be rigidly chained to, but just think about the structure and what is being conveyed in every word and section of it. It covers pretty much everything.

Rugby rules mengatakan...

NAMA was set up to restore liquidity to the economy. Basically, banks aren't lending so businesses and consumers aren't getting cash so spending and employment are collapsing.

Rugby rules mengatakan...

pastinya kan ortu kita tuh ksh nama k anaknya kgk smbarangan malah pakai bubur merah putih tuh *deuh kyk bendera aja,huehehe..

sewa mobil di bali mengatakan...

jaman sekarang memang nama penting tau..ga hanya apalah arti sembuah nama..klo orang itu ga punya nama,siapa men pangil..hihihihi,,,

Rugby rules mengatakan...

Thy name makes the enemy tremble. Thy New Fourth Reich comes, thy will alone is law upon the earth. Let us hear daily thy voice and order us by thy leadership, for we will obey to the end and even with our lives..

Rugby rules mengatakan...

i had prayed answered but later on i found out there were just coincidence , because they all caused me to sin.

Rugby rules mengatakan...

trims bro komennya. Iya, gw rasa begitu lagipula musik adalah hal yang personal apalagi jika seseorang sudah menemukan gayanya. Teknik hanya faktor pendukung saja, dan seharusnya memberi benefit dan bukan sebaliknya.

Iradiobiztv mengatakan...

nama itu adalah doa, jadi pilihlah nama yang bagus dengan makna yang bagus, sehingga ketika orang memanggil kita secara tidak lansung dia mendoakan kita...:)

Rugby rules mengatakan...

hmm.. namaku gak ada artinya.. cuma diambil dari kata 'agriculture' ajah karena orangtua kerja di departemen pertanian.. jadinya unik.. hehe.. ^_^

Rugby rules mengatakan...

For the newbie, it is good to test out PayPerPost and ReviewMe. The good news is they are easy ways to make money for a new blogger.

printing services mengatakan...

mungkin aja yg membunuh itu sayang..karena biar ga kelamaan hidup didunia...

Sewa Mobil Bandung mengatakan...

artikel yang sanga taamenarik... salaute banget atas penjelasan dan panadangannya yang begitu sederhana namun menyimpan makna yang luas biasa...

Ahmad Wahyudin mengatakan...


segera miliki rumah tahan gempa desain klasik, menarik dgn suasana pedesaan yang eksotik. tersedia berbagai macam model
rumah jawa seperti
rumah joglo
rumah limasan
rumah kampung. kami juga menjual
gebyok kayu jati lawas

Rental Mobil Pontianak mengatakan...

nama adalah do'a, jangan asal pilih nama apalagi artinya buruk bisa-bisa malah gak enak hidupnya karena nama tersebut

Posting Komentar